Mengajarkan Konsep Ekonomi Dengan Menggunakan Metode Ekspositori

Strategi Pembelajaran Ekspositori didukung Teori behavioristik- Classical conditioning dan teori kognitif. Saat ini, pembelajaran yang berpusat pada guru seolah adalah sesuatu yang tidak baik untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Diberlakukannya Kurikulum 2013 mengharuskan pendekatan saintifik yang berarti menggunakan cara berpikir induktif, semakin meninggalkan pembelajaran yang berpusat pada guru. Pada dasarnya baik pembelajaran yang berpusat pada guru maupun pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dapat diterapkan dalam proses pembelajaran secara efektif. Kuncinya adalah guru dapat mengelola proses pembelajaran sehingga tercapai tujuan pembelajaran. Hal yang penting dari pembelajaran ekspositori yang sangat penting adalah adanya umpan balik dari guru terhadap respon siswa. Siswa di arahkan aktivitasnya supaya “konsep” dapat dipahami siswa. Pembelajaran ceramah  tidak sama dengan pembelajaran ekspositori, melainkan hanya bagian dari pembelajaran ekspositori. Maka, jika dalam kurikulum 2013 mengharuskan pendekatan induktif dalam mengajarkan konsep dan mengesampingkan pembelajaran pendekatan deduktif, contohnya ekspositori, maka perlu dikaji ulang.

Dalam buku teaching economics – content and strategies yang dikembangkan oleh Ronald A. Banaszak dan Dennis C. Brennan diungkapkan bahwa dalam membelajarkan konsep ekonomi yang dalam kasus yang akan diuraikan tentang Gross National Product.

TUJUAN

STRATEGI

MATERIAL

Setelah melakukan metode ekspositori, siswa dapat : Metode Perkembangan Konsep Ekspositori seluruh kelas

Batas Waktu : satu pertemuan

  1. Mendefinisikan Gross National Product
    1. Tuliskan  Gross National Product pada papan tulis dan juga singkatan nya (GNP)
  1. Memberikan Contoh apa yang termasuk dalam perhitungan GNP
2. Menjelaskan kepada siswa bahwa hari ini akan mempelajari konsep ekonomi penting, Yaitu GNP. Definisikan Gross National Product sebagai nilai  pasar total dari seluruh barang jadi dan jasa untuk konsumsi akhir dalam setahun. Jelaskan bahwa jangka waktu adalah pendek.
  1. Memberikan contoh apa yang tidak termasuk dalam Perhitungan GNP
3. Bagikan fotokopi hand out tentang GNP. Siswa harus membacanya, kemudian mendiskusikan aktivitas ekonomi apa yang tidak termasuk GNP. Siswa harus mengerti prinsip-prinsip mengapa penghitungan ganda dan pembayar transfer tidak dihitung dihitung dalam GNP. Fotokopi Hand out tentang Gross National Product
Bagikan Fotokopi Hand Out Examples non examples dari Item GNP. Tanyakan pada siswa agar mereka menjelaskan apa yang termasuk GNP. % contoh pertama masuk dalam GNP karena barang akhir atau jasa yang di buat dan digunakan. Yang bukan contoh dalah yang tidak terjual, atau bukan barang akhir atau jasa yang diproduksi. Secara spesifik :

6. Sayur yang tidak terjual

7. Bukan barang jadi

8. Nasihat yang tidak terjual

9.Transfer uang tanpa produksi barang dan jasa

Barang sudah dihitung dalam

10. GNP ketika terjual sebagai barang baru

Transfer uang tanpa produk atau produksi jasa.

Fotokopi Hand out. Examples non examples Gross National ProductProduct
Tulis di papan tulis “Examples non examples” Minta siswa menyebutkan contoh dan non contoh. Tulis hal tersebut di papan tulis. Tanyakan pada siswa menyatakan mengapa termasuk dalam contoh dan non contoh. Berikan umpan balik untuk respon siswa yang baik. Tantang siswa untuk mendaftar banyak item pada kategori contoh dan non contoh.
Pada penyelesaian evaluasi : Beberapa hari kemudian, minta siswa menuliskan apa itu konsep GNP dan examples non examplesnya dalam konsep GNP. Kumpulkan dan evaluasi akhirnya.

Daftar Pustaka

Banaszak, Ronald A dan Brennan, Dennis C. 1983. Teaching Economics Content and Strategies. The United States of America: Addison-Wesley Publishing Company

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s