Bagaimana caranya membayar hutang pada diri sendiri?

Sering sekali terlintas pertanyaan itu dalam benakku, bagaimana cara aku membayar hutang pada diri sendiri? Begitu banyak janji, janji yang ku ucapkan pada diriku sendiri. Dan ternyata, aku tidak bisa menunaikannya. Padahal yang namanya janji adalah menjadi kewajiban kita untuk menunaikannya, membayarnya.

Apa hanya aku saja orang yang selalu mengabaikan janji? Tahun lalu, sederet hal-hal yang harus kulakukan sudah kutulis, jelas. Tapi begitu sampai di akhir desember, masih banyak yang belum tersentuh. Memang tidak ada yang akan protes terhadap hal ini. Tapi sepertinya ada rasa yang tidak enak, seperti merasa tidak bertanggung jawab, namun kadang seperti lupa ingatan, atau lebih tepatnya berusaha lupa ingatan tentang janji itu, masa bodoh.

Tahun ini, seperti juga tahun-tahun sebelumnya, aku juga membuat daftar hal-hal yang harus dilakukan di tahun 2011. Sepertinya umurku yang hampir 22 tahun, cukup menjadi alasan untuk aku bertumbuh, dan belajar menepati kata-kata ku sendiri.

Masihkah ada janjimu yang belum kau bayar kawan?

One thought on “Bagaimana caranya membayar hutang pada diri sendiri?

Tinggalkan Balasan

